KELAS VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan
nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan,
dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.
Pembiasaan
perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b.
Selalu berusaha
secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c.
Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung
jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3
Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan
kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5
Toleransi dan
mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6
Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Belajar menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8
Memiliki
perilaku hidup sehat.
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami teknik
dasar gerak fundamental permainan bola besar.
3.2
Memahami teknik
dasar gerak fundamental permainan bola kecil.
3.3
Memahami teknik
dasar gerak fundamental atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).
3.4
Memahami teknik
dasar gerak fundamental olahraga beladiri.
3.5
Memahami berbagai teknik dasar senam lantai.
3.6
Mengidentifikasi pola gerak
melangkah dan irama gerak dalam aktivitas gerak ritmik.
3.7
Memahami alat ukur yang digunakan untuk menilai komponen
kebugaran jasmani terkait kesehatan dan
derajat kebugaran jasmani.
3.8
Memahami teknik
dasar satu atau dua gaya renang.
3.9
Memahami
tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain.
3.10 Memahami konsep gaya hidup sehat
untuk mencegah berbagai penyakit.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mempraktikkan
teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental.
4.2
Mempraktikkan
teknik dasar permainan bola kecil dengan menekankan gerak dasar fundamental.
4.3
Mempraktikkan
teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) menekankan gerak
dasar fundamentalnya
4.4
Mempraktikkan
teknik dasar olahraga beladiri dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya
4.5
Mempraktikkan
gabungan pola gerak dominan menuju teknik dasar senam lantai.
4.6
Mempraktikkan
aktivitas pola gerak melangkah
dan irama gerak dalam aktivitas gerak.
4.7
Mencoba mengukur komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan
dan keterampilan berdasarkan norma instrumen yang digunakan
4.8
Mempraktikkan
satu atau dua teknik dasar gaya renang dengan koordinasi yang baik dengan
jarak tertentu
4.9
Mencoba mempraktikkan tindakan P3K pada kejadian darurat,
baik pada diri sendiri maupun orang lain.
4.10
Mencoba menerapkan konsep gaya hidup sehat untuk
mencegah berbagai penyakit
|
KELAS VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati dan
mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani,
permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.
Pembiasaan
perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan
tawakal dengan hasil akhir.
c. Membiasakan berperilaku baik dalam
berolahraga dan latihan.
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung
jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3
Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan
kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik .
2.5
Toleransi dan
mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6
Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8
Memiliki
perilaku hidup sehat.
|
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan bola besar.
3.2 Memahami variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan bola kecil.
3.3 Memahami variasi dan
kombinasi teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).
3.4 Memahami variasi dan
kombinasi teknik dasar olahraga beladiri.
3.5 Memahami variasi dan
kombinasi teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana.
3.6 Memahami variasi
aktivitas gerak ritmik dalam bentuk rangkaian sederhana.
3.7 Memahami empat komponen kebugaran jasmani terkait
kesehatan dan keterampilan berdasarkan norma instrument yang terstandar
3.8 Memahami dua teknik dasar gaya renang
3.9 Memahami
prinsip-prinsip pencegahan terhadap bahaya seks bebas, NAPZA, dan obat
berbahaya lainnya, bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
3.10 Memahami pola makan sehat, bergizi
dan seimbang.
3.11
Memahami manfaat jangka
panjang dari partisipasi dalam aktivitas fisik secara
teratur.
3.12
Memahami metode untuk memonitor denyut jantung.
|
4. Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar berbagai permainan bola besar dengan
koordinasi yang baik.
4.2
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar berbagai permainan bola kecil dengan
koordinasi yang baik.
4.3
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan
lempar) dengan koordinasi yang baik.
4.4
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar olahraga beladiri.
4.5
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian
sederhana.
4.6
Mempraktikkan
variasi aktivitas gerak ritmik dalam bentuk rangkaian sederhana.
4.7
Mempraktikkan empat komponen kebugaran jasmani terkait
kesehatan dan keterampilan berdasarkan norma instrument yang terstandar.
4.8
Mempraktikkan
keterampilan dua teknik dasar gaya renang dengan koordinasi yang baik.
4.9
Menyajikan hasil informasi berkaitan dengan prinsip-prinsip
pencegahan terhadap bahaya seks bebas, NAPZA, dan obat berbahaya lainnya,
bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
4.10 Menyajikan hasil
informasi berkaitan dengan pola makan sehat, bergizi dan
seimbang.
4.11 Menyajikan hasil
informasi berkaitan dengan manfaat jangka
panjang dari partisipasi dalam aktivitas fisik secara
teratur
4.12 Menyajikan hasil informasi
berkaitan dengan denyut jantung.
|
KELAS IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan
nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan,
dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum
dan sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan
tawakal dengan hasil akhir.
c. Membiasakan berperilaku baik dalam
berolahraga dan latihan.
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan
sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar..
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan kerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan
teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.7 Belajar menerima kekalahan dan
kemenangan dalam permainan.
2.8 Memiliki perilaku hidup sehat.
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami variasi dan
kombinasi teknik dasar, serta peraturan yang dimodifikasi untuk menambah
tingkat kesulitan latihan permainan bola
besar.
3.2 Memahami variasi dan
kombinasi teknik dasar, serta peraturan yang dimodifikasi untuk menambah
tingkat kesulitan latihan permainan bola
kecil.
3.3 Memahami variasi dan
kombinasi teknik dasar, serta peraturan yang dimodifikasi untuk menambah
tingkat kesulitan latihan perlombaan atletik (jalan cepat, lari,
lompat, dan lempar).
3.4 Memahami variasi dan
kombinasi teknik dasar, serta peraturan yang dimodifikasi untuk menambah
tingkat kesulitan latihan olahraga beladiri.
3.5 Memahami variasi
rangkaian gerak dasar senam secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
3.6 Memahami variasi
rangkaian aktivitas gerak ritmik secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
3.7 Menyusun rencana dua minggu untuk pengembangan kebugaran fisik berkaitan dengan kesehatan.
3.8 Memahami dan dapat membedakan tiga
gaya renang yang dikuasai.
3.9 Memahami peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan Kesehatan.
3.10 Memahami efek dari gizi dan
partisipasi aktif dalam
aktivitas fisik terhadap kontrol berat badan, konsep diri, dan kinerja fisik.
|
4. Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
teknik dasar ke dalam permainan bola besar secara lancar, terkontrol, dan
koordinatif.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar ke dalam
permainan bola kecil secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar ke dalam
perlombaan atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) secara lancar,
terkontrol, dan koordinatif.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar ke dalam
peragaan olahraga beladiri secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.5 Mempraktikkan variasi rangkaian
aktivitas gerak dasar senam secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.6
Mempraktikkan
variasi rangkaian aktivitas gerak ritmik secara lancar, terkontrol, dan
koordinatif.
4.7
Mempraktikkan
lima komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan
berdasarkan norma instrumen yang digunakan.
4.8 Mempraktikkan tiga gaya renang yang
telah dikuasai dengan koordinasi yang baik dengan jarak tertentu.
4.9
Menyajikan hasil informasi berkaitan dengan peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan Kesehatan
4.10 Menyajikan hasil
informasi berkaitan dengan efek dari gizi dan partisipasi aktif dalam aktivitas fisik terhadap kontrol berat badan, konsep diri, dan kinerja fisik.
|