KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PENJASORKES)
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
KELAS:
I
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan
dan kesempatan.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
|
3.1
Mengetahui kosep gerak
dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2
Mengetahui kosep gerak
dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.3
Mengetahui kosep gerak
dasar manipulatif dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.4
Mengetahui kosep gerak
dasar keseimbangan dan kelincahan dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani.
3.5
Mengetahui kosep gerak
dasar berbagai pola gerak
dominan dalam senam.
3.6
Mengetahui kosep gerak
dasar aktivitas rimtik.
3.7
Mengetahui perbedaan
bergerak di dalam air dan di darat dan keselamatan dalam aktivitas air.
3.8
Mengetahui cara
menjaga kebersihan diri yang meliputi
kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan
kaki serta pakaian.
3.9
Mengetahui
bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya.
3.10 Mengetahui dampak jangka pendek selama dan setelah melakukan
aktivitas fisik.
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1
Mempraktikkan pola
gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh,
ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
4.2
Mempraktikkan pola
gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3
Mempraktikkan pola
gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4
Mempraktikkan aktivitas
jasmani untuk melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan
sederhana.
4.5
Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan dalam senam
(seperti menolak, mendarat, berputar, mengayun, dan lokomotor) dan berbagai pola gerak dominan posisi statis
(misalnya; tumpu lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal
terbang, berdiri dengan salah satu kaki).
4.6
Mempraktikkan pola
gerak dasar aktivitas ritmik sederhana menggunakan pola gerak lokomotor dan
non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik.
4.7
Mempraktikkan berbagai
bentuk permainan pengenalan air.
4.8
Mempraktikkan cara
memelihara dan menjaga
kebersihan diri (kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung,
telinga, tangan dan kaki serta pakaian).
|
KELAS:
II
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
|
2. Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung
jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan
dan kesempatan.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
|
3.1
Mengetahui konsep gerak
variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
3.2
Mengetahui konsep gerak
variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional.
3.3
Mengetahui konsep gerak
variasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.4
Mengetahui kosep gerak
dasar kecepatan dan kelenturan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani.
3.5
Mengetahui konsep gerak
variasi pola gerak
dominan dalam senam (seperti menolak, mendarat, berputar, dan mengayun) dan pola gerak dominan
posisi statis (misalnya; tumpu lengan depan/belakang/ samping, bergantung
pada palang, sikap kapal terbang, berdiri dengan salah satu kaki).
3.6
Mengetahui konsep gerak
variasi pola gerak aktivitas ritmik.
3.7
Mengetahui konsep dasar
keselamatan dalam aktivitas air.
3.8
Memahami cara menjaga
kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis)
dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.9
Memahami manfaat
pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10
Memahami posisi tubuh
(duduk, berdiri, membaca, berjalan) yang benar.
3.11
Mengetahui apa yang
dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4
Mempraktikkan aktivitas
jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan melalui permainan sederhana.
4.5
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar aktivitas ritmik dominan dalam senam (seperti menolak, mendarat, berputar, dan mengayun)
dan pola gerak dominan posisi statis (misalnya; tumpu lengan depan/belakang/
samping, bergantung pada palang, sikap kapal terbang, berdiri dengan salah
satu kaki).
4.6
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar aktivitas ritmik menggunakan pola gerak lokomotor dan
non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik.
4.7
Mempraktikkan berbagai gerak dasar pengenalan aktivitas
air dan keselamatan di air, terutama yang berhubungan dengan gerakan kaki,
tangan dan tubuh pada saat di air*.
4.8
Mempraktikkan pengembangan berbagai aktivitas gerak
lokomotor di dalam air dan permainan
dengan menggunakan alat di air*.
4.9
Mempraktikkan posisi tubuh (duduk, berdiri, membaca,
berjalan) yang benar.
4.10
Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket
membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman
sekolah).
|
KELAS:
III
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
|
2. Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung
jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
|
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan
dan kesempatan.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1
Mengetahui konsep gerak
kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
3.2
Mengetahui konsep gerak
kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
3.3
Mengetahui konsep gerak
kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
3.4
Mengetahui konsep gerak
koordinasi, ketepatan, daya tahan statis, kekuatan dan daya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani.
3.5
Mengetahui konep pola gerak dominan dalam senam dan kombinasi pola gerak dominan posisi
statis dengan pola gerak lainnya.
3.6
Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar aktivitas ritmik lokomotor,
non-lokomotor dan manipulatif dengan alat.
3.7
Mengetahui konsep gerak dasar keselamatan di air.
3.8
Mengetahui kebutuhan tidur dan istirahat untuk menjaga kesehatan.
3.9
Mengetahui penggunaan waktu luang untuk
kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan.
3.10 Mengetahui
manfaat pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
|
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, logis,
dan sistematis,
dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1
Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2
Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3
Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4
Mempraktikkan aktivitas
jasmani untuk pengembangan koordinasi, ketepatan dan daya tahan statis tubuh
melalui permainan sederhana.
4.5
Mempraktikkan aktivitas
jasmani untuk pengembangan kekuatan dan daya tahan statis tubuh melalui
permainan yang lebih kompleks baik secara individu maupun berpasangan.
4.6
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan dalam senam (seperti
lompat kangkang, lompat jongkok, roll depan) dan kombinasi pola gerak dominan
posisi statis dengan pola gerak lainnya(seperti: sikap kapal terbang – roll
atau sebaliknya).
4.7
Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar aktivitas ritmik lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
dengan alat sederhana yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik.
4.8
Mempraktikkan gerak dasar keselamatan, seperti; gerakan kaki, gerak lengan dan tangan, gerakan
kaki dan tungkai di dalam air, seluruh
badan berada di bawah permukaan air, menahan napas di air*.
4.9
Mempraktikkangerak dasar water trappen (mengambang di air) *.
|
KELAS:
IV
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya .
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
2. Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung
jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
|
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan
dan kesempatan.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1
Memahami kosep gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik jalan
dan lari.
3.2
Memahami variasi dan
kombinasi pola
gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil.
3.3
Memahami variasi dan
kombinasi pola
gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar.
3.4
Memahami
berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan
ideal.
3.5
Memahami
kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam dan kombinasi
pola gerak dominan posisi statis dan
dinamis, tumpuan dan gantungan..
3.6
Mengetahui pola gerak dasar aktivitas ritmik
bertema budaya daerah yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik.
3.7
Mengetahui keterampilan gerak salah satu gaya renang dan dasar penyelamatan terhadap orang lain*.
3.8
Memahami tinggi dan berat badan ideal dan
pengaruhnya terhadap pertubuhan dan perkembangan.
3.9
Memahami pengaruh aktivitas
fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan
dan perkembangan tubuh.
3.10 Memahami gizi dan menu seimbang dalam menjaga kesehatan
tubuh.
3.11 Memahami
jenis cidera dan cara
penanggulangannya secara
sederhana selama melakukan aktivitas fisik.
|
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, logis,
dan sistematis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1
Mempraktikkan kombinasi
gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik jalan
dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.2
Mempraktikkan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.3
Mempraktikkan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.4
Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran
jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.
4.5
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan
untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand,
kayang, dsb) dan kombinasi
pola gerak dominan posisi statis dan
dinamis, tumpuan dan gantungan
(misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan.
4.6
Mempraktikkan pola gerak dasar aktivitas ritmik
bertema budaya daerah yang sudah dikenal dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik
4.7
Mempraktikkan salah
satu gaya renang dalam jarak tertentu*.
4.8
Mempraktikkan
dasar penyelamatan terhadap orang
lain*
4.9
Mempraktikkan cara
penanggulangan cidera secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik.
|
KELAS:
V
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus
dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab,
santun, peduli, percaya diri, dan
cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga, dan guru.
|
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan
dan kesempatan.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1
Memahami variasi
dan kombinasi gerak dasar atletik lompat, dan lempar.
3.2
Memahami variasi dan
kombinasi pola
gerak dasar
dalam berbagai permainan bola kecil dan atau olahraga tradisional.
3.3
Memahami variasi dan
kombinasi pola
gerak dasar
dalam berbagai permainan bola besar dan atau olahraga tradisional.
3.4
Memahami
variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar bela diri.
3.5
Memahami aktivitas daya tahan aerobik dan anaerobik untuk pengembangan kebugaran jasmani.
3.6
Memahami
kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam
menggunakan alat dan variasi- kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan
dinamis, tumpuan dan gantungan.
3.7
Memahami konsep gerak mengikuti irama dalam berbagai macam pola gerak dasar aktivitas ritmik bertema daerah dan nasional dalam kelompok
kecil.
3.8
Memahami salah satu
gaya renang
dan keterampilan
dasar pemberian bantuan keselamatan dalam aktivitas air*.
3.9
Memahami pengaruh aktivitas fisik yang
berbeda terhadap tubuh.
3.10
Memahami manfaat pemeliharaan kebersihan alat reproduksi.
3.11
Memahami dan
menjaga diri dari berbagai tindakan/perilaku tidak senonoh.
3.12
Mengetahui bahaya merokok terhadap kesehatan
tubuh.
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis,
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
|
4.1
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar atletik lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasidan
atau olahraga
tradisional.
4.2
Mempraktikkan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan bola kecil
dan atau olahraga tradisional.
4.3
Mempraktikkan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan bola besar dan atau olahraga tradisional.
4.4
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar bela diri yang dimodifikasi dalam permainan sederhana dan
atau permainan tradisional.
4.5
Mempraktikk aktivitas
daya tahan aerobik dan anaerobik untuk pengembangan kebugaran jasmani.
4.6
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan
untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam pada alat yang berbeda
(seperti: balok, kuda-kuda, palang) dan variasi dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan
dinamis, tumpuan dan gantungan
(misalnya: piramid) dalam kelompok kecil
(dasar standen).
4.7
Mempraktikkan berbagai macam pola gerak dasar aktivitas ritmik bertema daerah dan nasional dalam kelompok
kecil yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan), tanpa/dengan music.
4.8
Mempraktikkan satu gaya renang yang berbeda dalam jarak tertentu*.
4.9
Mempraktikkan keterampilan dasar aksi pemberian bantuan keselamatan
dengan salah satu gaya yang dikuasai*.
|
KELAS:
VI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus
dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab,
santun, peduli, percaya diri, dan
cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga, dan guru.
|
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan
dan kesempatan.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1
Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar atletik
jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik.
3.2
Memahami variasi dan
kombinasi pola
gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola
kecil
3.3
Memahami variasi dan
kombinasi pola
gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola
besar.
3.4
Memahami
variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar bela diri.
3.5
Memahami cara membaca hasil pengukuran tes kebugaran jasmani.
3.6
Memahami rangkaian gerak
senam ketangkasan dengan konsisten,
tepat dan kontrol yang baik serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan .
3.7
Memahami kombinasi pola aktivitas gerak dasar aktivitas ritmik bertema daerah dan nasional dalam
koreografi klasikal.
3.8
Memahami
keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik.
3.9
Memahami
keterampilan pemberian bantuan keselamatan dalam aktivitas air.
3.10
Memahami dan cara mengukur kebugaran jasmani dengan salah
satu jenis tes kebugaran
3.11
Memahami
dan cara
memelihara diri dari penyakit menular dan tidak menular
3.12
Memahami jenis dan cara menghindarkan diri dari bahaya Narkotika,
Psikotropika, dan Zat Aditif terhadap tubuh
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis,
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
|
4.1
Mempraktikkan variasi
dan kombinasi gerak dasar atletik
jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan olahraga atletik
dan atau olahraga tradisional
4.2
Mempraktikkan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga
tradisional bola kecil dengan kontrol yang baik
4.3
Mempraktikkan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga
tradisional bola besar dengan kontrol yang baik
4.4
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar bela diri yang dimodifikasi dalam permainan sederhana dan
atau permainan tradisional
4.5
Mengukur status kebugaran mengunakan
berbagai instrument penilaian (Tes
Kesegaran
Jasmani
Indonesia)
4.6
Mempraktikkan
sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat dan kontrol yang baik serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: piramid) dalam kelompok besar
4.7
Mempraktikkan kombinasi pola aktivitas gerak dasar aktivitas ritmik bertema daerah dan nasional dalam koreografi
klasikal yang
dilandasikonsepgerakmengikutiirama (ketukan),
tanpa/dengan musik
4.8
Mempraktikkan keterampilan satu gaya renang
dengan koordinasi yang baik dalam kecepatan tertentu
4.9
Mempraktikkan keterampilan aksi pemberian
bantuan keselamatan secara bertanggung jawab, serta melakukan tindakan
(simulasi) resusitasi (pemijatan jantung dan nafas buatan)
|