Welcome My Blog ----- http://arman85.blogspot.com/ ------ Follow My Blog SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT UNTUK ANDA ---- BLOGER YANG BAIK POST KOMEN YACH
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 26 Mei 2014

KI DAN KD PENJAS ORKES KURIKULEM 2013 SD



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PENJASORKES)

SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)


KELAS: I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1         Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1         Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2         Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3         Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4         Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5         Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6         Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7         Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1         Mengetahui kosep gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2         Mengetahui kosep gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.3         Mengetahui kosep gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.4         Mengetahui kosep gerak dasar keseimbangan dan kelincahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani.
3.5         Mengetahui kosep gerak dasar berbagai pola gerak dominan dalam senam.
3.6         Mengetahui kosep gerak dasar aktivitas rimtik.
3.7         Mengetahui perbedaan bergerak di dalam air dan di darat dan keselamatan dalam aktivitas air.
3.8         Mengetahui cara menjaga  kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki  serta pakaian.
3.9         Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya.
3.10     Mengetahui dampak jangka pendek selama dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1         Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2         Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3         Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4         Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana.
4.5         Mempraktikkan  berbagai pola gerak dominan dalam senam (seperti menolak, mendarat, berputar, mengayun, dan lokomotor) dan  berbagai pola gerak dominan posisi statis (misalnya; tumpu lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, berdiri dengan salah satu kaki).
4.6         Mempraktikkan pola gerak dasar aktivitas ritmik sederhana menggunakan pola gerak lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik.
4.7         Mempraktikkan berbagai bentuk permainan pengenalan air.
4.8         Mempraktikkan cara memelihara dan  menjaga  kebersihan diri (kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki  serta pakaian).

KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1         Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2         Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3         Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4         Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5         Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6         Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7         Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1         Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2         Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.3         Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.4         Mengetahui kosep gerak dasar kecepatan dan kelenturan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani.
3.5         Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dominan dalam senam  (seperti menolak, mendarat, berputar, dan mengayun) dan pola gerak dominan posisi statis (misalnya; tumpu lengan depan/belakang/ samping, bergantung pada palang, sikap kapal terbang, berdiri dengan salah satu kaki).
3.6         Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak aktivitas ritmik.
3.7         Mengetahui konsep dasar keselamatan dalam aktivitas air.
3.8         Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.9         Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10     Memahami posisi tubuh (duduk, berdiri, membaca, berjalan) yang benar.
3.11     Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1         Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2         Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3         Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4         Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan melalui permainan sederhana.
4.5         Mempraktikkan variasi pola gerak dasar aktivitas ritmik dominan dalam senam (seperti menolak, mendarat, berputar, dan mengayun) dan pola gerak dominan posisi statis (misalnya; tumpu lengan depan/belakang/ samping, bergantung pada palang, sikap kapal terbang, berdiri dengan salah satu kaki).
4.6         Mempraktikkan variasi pola gerak dasar aktivitas ritmik menggunakan pola gerak lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik.
4.7         Mempraktikkan berbagai gerak dasar pengenalan aktivitas air dan keselamatan di air, terutama yang berhubungan dengan gerakan kaki, tangan dan tubuh pada saat di air*.
4.8         Mempraktikkan pengembangan berbagai aktivitas gerak lokomotor di dalam air  dan permainan dengan menggunakan alat di air*.
4.9         Mempraktikkan posisi tubuh (duduk, berdiri, membaca, berjalan) yang benar.
4.10     Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).

KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1        Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2        Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3        Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4        Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5        Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6        Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7        Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
3.1        Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2        Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3        Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4        Mengetahui konsep gerak koordinasi, ketepatan, daya tahan statis, kekuatan dan daya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani.
3.5        Mengetahui konep pola gerak dominan dalam senam  dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dengan pola gerak lainnya.
3.6        Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar aktivitas ritmik lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dengan alat.
3.7        Mengetahui konsep gerak dasar keselamatan di air.
3.8        Mengetahui kebutuhan tidur dan istirahat untuk menjaga kesehatan.
3.9        Mengetahui penggunaan waktu luang untuk kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan.
3.10    Mengetahui manfaat pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1        Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2        Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3        Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4        Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan koordinasi, ketepatan dan daya tahan statis tubuh melalui permainan sederhana.
4.5        Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kekuatan dan daya tahan statis tubuh melalui permainan yang lebih kompleks baik secara individu maupun berpasangan.
4.6        Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan dalam senam (seperti lompat kangkang, lompat jongkok, roll depan) dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dengan pola gerak lainnya(seperti: sikap kapal terbang – roll atau sebaliknya).
4.7        Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar aktivitas ritmik lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dengan alat sederhana yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik.
4.8        Mempraktikkan gerak dasar keselamatan, seperti; gerakan kaki, gerak lengan dan tangan, gerakan kaki  dan tungkai di dalam air, seluruh badan berada di bawah permukaan air, menahan napas di air*.
4.9        Mempraktikkangerak dasar water trappen (mengambang di air) *.

KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.     Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya .
1.1         Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2         Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1         Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2         Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3         Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4         Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5         Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6         Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7         Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
3.1        Memahami kosep gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan  dan lari. 
3.2        Memahami variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil.
3.3        Memahami variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar.
3.4        Memahami berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.
3.5        Memahami kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam  dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan..
3.6        Mengetahui  pola gerak dasar aktivitas ritmik  bertema budaya daerah yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik.
3.7        Mengetahui keterampilan gerak salah satu gaya renang dan dasar penyelamatan terhadap orang lain*.
3.8        Memahami tinggi dan berat badan ideal dan pengaruhnya terhadap pertubuhan dan perkembangan.
3.9        Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
3.10    Memahami gizi dan menu seimbang dalam menjaga kesehatan tubuh.
3.11    Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana selama melakukan aktivitas fisik.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1         Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.2         Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.3         Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar  yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.4         Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.
4.5         Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan.
4.6         Mempraktikkan  pola gerak dasar aktivitas ritmik  bertema budaya daerah yang sudah dikenal dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
4.7         Mempraktikkan salah satu gaya renang dalam jarak tertentu*.
4.8         Mempraktikkan dasar penyelamatan terhadap orang lain*
4.9         Mempraktikkan cara penanggulangan cidera secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik.

KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1         Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2         Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1         Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2         Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3         Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4         Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5         Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6         Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7         Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
3.1         Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar  atletik lompat, dan lempar.
3.2         Memahami variasi dan  kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan bola kecil dan atau olahraga tradisional.
3.3         Memahami variasi dan  kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan bola besar dan atau olahraga tradisional.
3.4         Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar bela diri.
3.5         Memahami aktivitas daya tahan aerobik dan anaerobik untuk pengembangan kebugaran jasmani.
3.6         Memahami kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat dan variasi- kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan.
3.7         Memahami  konsep gerak mengikuti irama dalam berbagai macam pola gerak dasar aktivitas ritmik bertema daerah dan nasional dalam kelompok kecil.
3.8         Memahami salah  satu gaya renang dan  keterampilan  dasar pemberian bantuan keselamatan dalam aktivitas air*.
3.9         Memahami pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh.
3.10     Memahami manfaat pemeliharaan kebersihan alat reproduksi.
3.11     Memahami dan menjaga diri dari berbagai tindakan/perilaku tidak senonoh.
3.12     Mengetahui bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1         Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar  atletik lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasidan atau olahraga tradisional.
4.2         Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan bola kecil dan atau olahraga tradisional.
4.3         Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan bola besar dan atau olahraga tradisional.
4.4         Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar bela diri yang dimodifikasi dalam permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.5         Mempraktikk aktivitas daya tahan aerobik dan anaerobik untuk pengembangan kebugaran jasmani.
4.6         Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam pada alat yang berbeda (seperti: balok, kuda-kuda, palang) dan variasi dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: piramid) dalam kelompok kecil  (dasar standen).
4.7         Mempraktikkan  berbagai macam pola gerak dasar aktivitas ritmik bertema daerah dan nasional dalam kelompok kecil yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan), tanpa/dengan music.
4.8         Mempraktikkan satu gaya renang yang berbeda dalam jarak tertentu*.
4.9         Mempraktikkan keterampilan  dasar aksi pemberian bantuan keselamatan dengan salah satu gaya yang dikuasai*.

KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1         Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2         Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1         Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2         Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3         Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4         Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5         Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6         Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7         Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
3.1         Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang  baik.
3.2         Memahami variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
3.3         Memahami variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
3.4         Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar bela diri.
3.5         Memahami  cara membaca  hasil pengukuran tes kebugaran  jasmani.
3.6         Memahami  rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten,  tepat dan kontrol yang baik serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan .
3.7         Memahami  kombinasi pola aktivitas gerak dasar aktivitas ritmik bertema daerah dan nasional dalam koreografi klasikal.
3.8         Memahami keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik.
3.9         Memahami keterampilan pemberian bantuan keselamatan dalam aktivitas air.
3.10     Memahami dan cara mengukur kebugaran jasmani dengan salah satu jenis tes kebugaran
3.11     Memahami dan cara memelihara diri dari penyakit menular dan tidak menular
3.12     Memahami jenis dan cara menghindarkan diri dari bahaya Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditif terhadap tubuh
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1         Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang  baik melalui permainan dan olahraga atletik dan atau olahraga tradisional
4.2         Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil dengan kontrol yang baik
4.3         Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar dengan kontrol yang baik
4.4         Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar bela diri yang dimodifikasi dalam permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.5         Mengukur status kebugaran mengunakan berbagai instrument penilaian (Tes Kesegaran Jasmani Indonesia)
4.6         Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten,  tepat dan kontrol yang baik serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: piramid) dalam kelompok besar
4.7         Mempraktikkan  kombinasi pola aktivitas gerak dasar aktivitas ritmik  bertema daerah dan nasional dalam koreografi klasikal yang dilandasikonsepgerakmengikutiirama (ketukan), tanpa/dengan musik
4.8         Mempraktikkan keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam kecepatan tertentu
4.9         Mempraktikkan keterampilan aksi pemberian bantuan keselamatan secara bertanggung jawab, serta melakukan tindakan (simulasi) resusitasi (pemijatan jantung dan nafas buatan)